Pages

Powered by Blogger.

Typing Master 10 : Mengetik 10 Jari Menjadi Typer Handal

Wednesday, October 21, 2015


Typing Mater Pro adalah sebuah software yang dibuat oleh Tyoing Master Inc. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1992 yang berlokasi di Helsinki Finlandia. Software ini dapat melatih kecepatan mengetik kita dengan 10 jari. Dengan software ini, kita dapat menjadi seorang typer yang handal. Typing Master ini dapat membantu kita yang ingin belajar mengetik sepuluh jari tanpa melihat tombol keyboard.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan untuk meningkatkan kecepatan mengetik kita di setiap sesi pelajaran. Selain itu kita dapat melatih kemampuan mengetik kita dengan teks yang telah disediakan serta dapat melihat hasil kemampuan mengetik kita kemudian mencetaknya, sehingga kita memiliki surat keterangan mengetik sendiri dari kecepatan, keakuratan, dan durasi waktu yang digunakan. 



Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengetik 10 jari :
1. Konsentrasi
2. Tidak terburu-buru
3. Sering mempelajari
4. Memahami letak jari

Di dalam Typing Master Pro memiliki 4 pilihan jenis kursus yang dapat kita pilih :
1. Touch Typing Course
Dalam kursus ini, kita akan mempelajari posisi tombol. Setelah menyelesaikan kursus ini kita akan mampu mengetik dengan sepuluh jari kita tanpa melihat keyboard.

2. Launch Satellite
Satellite bukanlah sebuah kursus tapi sebuah fitur khusus untuk mencatat ketikan kita yang sebenarnya.

3. Speed Building Course
Kursus ini dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kecepatan mengetik kita. Kita akan berfokus pada tombol untuk setiap jari, mengetik dengan teks yang lebih panjang dan berlatih dengan kata-kata umum.

4. Number, Special Mark, and Numeric Keypad Course
Kursus ini mengajarkan bagaimana mengetik nomor pada baris nomor, kata-kata khusus dan nomor keypad.

Software ini mudah digunakan , yang kita perlukan hanyalah mengikuti petunjuk yang diberikan. Pada kursus awal kita akan diajari huruf demi huruf dan jari yang mana yang digunakan untuk menekannya. Selain itu setiap selesai latihan akan ditampilkan pula data pengetikan kita, seperti kecepatan, keakuratan, dan software ini juga akan menunjukan tombol-tombol mana yang suit bagi kita. Kita perlu juga memahami posisi dimana letak yang paing bagus diantara keyboard tersebut. Pernahkah kita merasakan atau melihat sebuah tonjolan pada huruf “F” dan “J” ?? . Jika kita penasaran, saya akan menjelaskan tentang fungsi benjolan itu. Fungsinya adalah sebagai patokan saat kita mengetik 10 jari.

Kekurangan
Software ini dari segi keselurahan sudah tertata dengan baik, namun dari segi tampilan masih kurang menarik karena masih memakai desain tampilan model dahulu. Juga software ini didesain dengan bahasa inggris, mungkin beberapa yang kurang menguasai bahasa inggris akan susah untuk mengaksesnya.

Kelebihan
Seperti penjelasan di atas, software ini mampu melatih user agar dapat mengetik dengan 10 jari. Dan dengan mengetik 10 jari akan mendapatkan banyak manfaat, seperti mengetik menjadi lebih cepat, mengetik tanpa melihat keyboard, dan memperpanjang usia keyboard karena dengan mngetik 10 jari akan lebih pelan dalam menekan keyboard. Dan diakhir test juga terdapat sertifikast yang dapat kita print sebagai bukti seberapa cepat dan akurat kita dalam mengetik.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading