Pages

Powered by Blogger.

Wednesday, October 21, 2015

GAME MARBEL MENGAJI
Penulis: Fuji Astuti ( fujiastutif20@gmail.com )
1.      Identitas Game
a.       Judul Game: Marbel Mengaji
b.      Perintis: Andi Taru
c.       Perusahaan: Educa Studio
d.      Tahun Terbit: 2015
2.      Pembuka Review
      Game Marbel Mengaji merupakan game edukasi yang di ciptakan oleh Andi Taru dan di terbitkan oleh Educa Studio pada tahun 2015. Andi sendiri merupakan lulusan Fakultas Teknik Informatika Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga. Ketika masa perkuliahan, Andi Taru meraih berbagai macam prestasi dengan berhasil menjadi juara 3 Pekan Ilmiah Nasional bidang TI tahun 2007, juara 1 Business Plan Competition UKSW tahun 2008, dan Best AI serta juara umum Game Making Competition. Di tahun 2008, Andi Taru membuat game Marbel dan Shoot Empire yang merupakan cikal bakal dari aplikasi maupun game dari Educa Studio. Game ini dikembangkan oleh Andi dan bersama teman kuliahnya. Setelah berhasil membuat kedua game tersebut, Andi Taru bergabung dengan startup baru yang bernama Golden T Studio. Startup ini fokus dalam mengembangkan aplikasi game dan membuat GTGE yang merupakan game engine untuk membuat game dengan bahasa pemrograman Java. Dengan ini, Andi memiliki langkah yang semakin maju dalam mencapai cita-citanya.

3.      Jenis Game
     Game Marbel Mengaji adalah game edukasi yang bertujuan sebagai salah satu media pembelajaran digital bagi anak-anak.
4.      Tentang Game
      Game edukasi Marbel Mengaji berisi belajar mengaji, huruf arab hijaiyah beserta harokatnya yang menjadi dasar membaca Al-Quran. Belajar sambil bermain adalah hal yang menyenagkan bagi anak-anak sehingga game ini di desain dengan tampilan semenarik mungkin. Penyajian dalam game ini berbentuk gambar, sound narasi dan animasi, kemudian anak-anak bisa mengasah kemampuan melalui permainan yang di sediakan. Sistem pembelajarannya adalah belajar mengaji huruf hijaiyah mode 1, mode 2, beserta harokatnya mode 1, mode 2 dan seterusnya. Di lengkapi pula dengan narasi sehingga membantu proses belajar bagi anak-anak yang belum lancar membaca.
5.      Kelebihan Game
     Kelebihan game Marbel Mengaji adalah desain yang menarik untuk kalangan anak-anak dengan berbagai animasi warna-warni. Sistem pembelajaran yang mudah di mengerti membuat anak tidak kesulitan dalam memahami dasar memebaca Al-Quran. Selain itu aplikasi game dapat di download dengan android sehingga bisa di gunakan di mana saja.
6.      Kekeurangan Game
     Kekurangan game di sini adalah desain warna yang terlalu ramai, sehingga mengurangi fokus untuk pembelajaran. Semoga bisa di perbaiki kedepannya.
7.      Penutup
     Saya rasa game Marbel Mengaji layak untuk di jadikan salah satu alternatif media pembelajaran bagi anak-anak, selain mudah untuk di pahami di dalam game juga ada sesi permainan yang tidak monoton.





No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading