Pages

Powered by Blogger.

Melatih Tanggung Jawab dengan Main Game POU !!

Wednesday, October 21, 2015

ditulis oleh : Laili Puspitaningrum
( lailipuspita98@gmail.com )
                                                        

           Pada kesempatan ini saya akan me-review sebuah game yang sudah tidak asing lagi dikalangan kita. Pou adalah sebuah game yang berbasis mobile. Game ini tentunya sudah tidak asing lagi kan bagi kita ? nah kali ini saya akan me-review sekaligus menunjukan unsur edukasi yang dimiliki oleh game ini.
Identitas game
Nama game                  : POU
Ukuran game                : 18.60 MB
Diperbarui                    : 26 juni 2015
Versi saat ini                : 1.3.9
Pengembang                 : Paul Salameh
Kategori                       : Game simulasi
Platform                       : iOS 5.0 or later; Android 1.6 and up





  
 Review game
Masih ingat dengan permainan Tamagotchi? Itu lho, hewan virtual lucu yang bisa kita pelihara sejak berbentuk telur sampai dewasa. Ternyata, permainan yang sudah ada sejak tahun 1996 ini, muncul dalam bentuk aplikasi bernama Pou (Zakeh). Dan aplikasi ini tersedia khusus untuk pengguna Android.
Pou adalah permainan seperti Tamagotchi, di mana pemain harus menghibur, memberi makan dan mandi makhluk amorf sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Titik dari aplikasi ini adalah untuk mengajarkan tanggung jawab, meskipun ada efek terlihat dari kelalaian tugas mereka, yang bisa lebih menyenangkan untuk beberapa anak-anak (yaitu Pou mendapat kotor dan matanya menjadi sangat gemetar dan besar ketika dia lapar atau lelah). Ada juga di-app pembelian peluang bahwa anak-anak dapat mengambil keuntungan dari meningkatkan Pou mereka.
Pou menunjukkan kepada anak-anak bahwa makhluk yang seperti (hewan peliharaan) harus diurus jika mereka akan bertahan hidup. Pelajaran tentang tanggung jawab dimasukkan ke dalam permainan game play ini.
Anak-anak bisa belajar sedikit tentang tanggung jawab dan pentingnya merawat makhluk lain. Jika dibiarkan sendiri, Pou akan mati karena kelaparan atau kelelahan. Anak perlu memeriksa pou dengan  sering bermain untuk memastikan dia aman dan bahagia. Sementara pengalaman tidak mendalam, gameplay virtual-pet Pou ini menunjukkan anak-anak yang merawat makhluk membutuhkan tanggung jawab dan bahwa ada konsekuensi untuk tidak melaksanakannya.
POU juga banyak game lainnya loh !!!

       Banyak permainan yang dapat kita mainkan di sana, dengan bermain game yang tersedia kita akan mendapatkan poin sesuai game dimainkan, koin tersebut dapat kita manfaatkan untuk membeli makanan, membeli kostum, membeli obat serta menambah daya hidup. Hal ini ibaratkan sama seperti kehidupan nyata kita, yakni bekerja untuk mencari uang dan kita gunakan untk kebutuhan sehari-hari. Permainan dalam Game POU yang dapat kita mainkan diantaranya; sky jump, sky hop, food swap, jet pou, water hop, pou words, color tap, hill drive, color match, memory serta masih banyak lagi yang lainnya.


        Pada pilihan game, disitu Anda dapat bermain game-game seru yang Anda inginkan. Dalam setiap game pada permainan POU memiliki kandungan arti yang tersirat serta sangat bermanfaat buat kita semisal jika saat bermain permainan POU memory, kita dilatih untuk mengingat atau memorable harus kuat saat bermain permainan ini karena jikalau kita tidak mempunyai daya ingat kuat, maka tidak akan terselesaikan.








     Selanjutnya pada permainan food swap, dimana tantangannya kita harus menyelesaikannya tepat waktu seperti contoh kita harus membuka kotak pada sebuah buah agar kita menuju level berikutnya. Jika kita tidak menggunakan trik maka kita akan selesai dikejar waktu.










 


Nilai edukasi pada game ini yaitu :
   1.      Membantu anak mengingat
   2.      Cepat teliti
   3.      Belajar membedakan warna
   4.      Melatih rasa kepedulian
   5.      Memelihara dan menjaga atas apa yang mereka miliki
   6.      Belajar bertanggung jawab
Kelebihan :
   1.      Tampilannya sangat menarik untuk anak anak atau balita
   2.      Sangat mengedukasi anak
   3.      Permainannya tidak membingungkan anak atau sangat mudah dipahami anak
   4.      mempunyai grafis HD yang cukup baik dan tentunya tidak mengecewakan

Kekurangan :
Mungkin akan membosankan bagi orang orang yang tidak terlalu mencintai game simulasi ini.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading