Pages

Powered by Blogger.

AYO BELAJAR DENGAN GAME SEBRAN ABC

Thursday, October 22, 2015


Oleh : Herlina RetnoWulandari (herlinaretno20@gmail.com)

Identitas Game 
Judul          : Sebran ABC 
Pencipta     : Marianne 
                   Wartoft AB
Rating        : 9.8 dari10
Ukuran File : 928 kb
Sis operasi  : Windows 2000
                    /XP/Vista/7
Kategori   : Game edukasi 
Download : KLIK DISINI

Review Game

Belajar sambil bergame  merupakan cara yang paling tepat diterapkan untuk anak usia dini. Dengan cara belajar sambil bergame, anak menjadi senang dan tertarik untuk belajar. Game yang digunakan haruslah memiliki nilai edukasi. Salah satu game yang paling tepat adalah game “SEBRAN ABC”.

Sebran Abc adalah game edukasi yang mengajarkan anak menjadi akrab dengan huruf dan angka.  Permainan yang sekaligus belajar gambar yang berwarna-warni, ditemani iringan musik yang menyenangkan, dan pelajaran mengenai huruf, angka, matematika sederhana dan membaca. Dengan kemeriahan ini diharapkan anak menjadi senang untuk belajar dan tidak mudah bosan. Game Sebran Abc ini pertama kali dikenalkan di Swedia secara gratis oleh pembuatnya yaitu Marianne Wartoft AB. Nama Sebran di ambil dari hewan yang bernama Zebra. Terdapat  32 bahasa dalam game Sebran termasuk Indonesia. Untuk mengubah bahasa kita bisa memilih menu “Tentang Sebran atau About Sebran” kemudian ubah bagian bahasa atau language dan pilih bahasa yang diinginkan.

Banyak nilai edukasi yang terdapat dalam game Sebran Abc, diantaranya  yaitu dapat melatih anak untuk mengenal huruf, berhitung, membaca, mengenal benda, melatih daya ingat serta belajar mengetik dengan cepat. Game ini sangat cocok untuk anak usia 3-9 tahun. Karena isi dari game ini merupakan pelajaran dasar yang dipelajari anak saat usia dini.

Terdapat 12 fitur permainan yang ada pada game Sebran Abc diantaranya adalah

1.        Berapa banyak ?
2.        Penambahan
3.        Pengurangan
4.        Perkalian
5.        Cari gambar
6.        Huruf pertama
7.        Gambar sama
8.        Gambar kata
9.        Tiang gantung
10.     Huruf jatuh abjad runtut
11.      Huruf jatuh abjad acak
12.      Hitunglah !



Cara memainkan game ini adalah anak memilih fitur yang diinginkan kemudian menjawab soal yang telah disediakan dengan cara memilih pilihan yang telah disediakan. Apabila anak menjawab soal dengan benar maka akan mendapatkan gambar senyuman hijau, namun jika salah maka akan mendapatkan gambar cemberut warna merah. Namun jika soalnya berupa huruf atau angka jatuh maka anak menjawab soal dengan cara mengetik huruf atau angka pada keyboard laptop. Dalam memainkan game ini terdapat beberapa tingkatan level, mulai dari yang normal sedang hingga level yang sulit.

Kelebihan Game :
1.        Terdapat pilihan bahasa yang banyak.
2.        Terdapat banyak gambar yang bervariasi sehingga anak menjadi tertarik untuk belajar
3.        Dilengkapi dengan musik.
4.        Nilai edukasi yang terkandung dalam game banyak

Kekurangan Game :
1.     Jika menggunakan bahasa selain bahasa indonesia terkadang terdapat kesalahan pengartian kata-kata.
2.      Tidak terdapat pilihan background, sehingga terlalu monoton.

Penutup
Game ini sangat cocok untuk anak yang senang belajar sambil bergame. Karena dalam game ini terdapat banyak sekali nilai edukasinya. Jadi anak tidak hanya bermain game saja tetapi anak juga memperoleh pelajaran. Game ini dilengkapi dengan berbagai gambar yang menarik, sehingga anak menjadi senang dan tidak mudah bosan.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading