Penulis: Siti Afifah Nur Saffawati (afief.saffa@gmail.com)
Artikel ini membahas tugas saya tentang Review Game Edukatif. Awalnya saya bingung mau bahas game yang mana. Tapi akhirnya saya teringat dengan salah satu game yakni Quiz Parampaa yang pernah saya mainkan saat di SMK dulu. Langsung aja ya...
Nama Game : Quiz Parampaa
Nama Pencipta Game: Bisri Mustova
Genre : Puzzle Quiz
Tahun terbit : 2008
Terbitan : Pertama
Tentang Parampaa
Inspirasi nama Parampaa tercipta ketika sedang mengerjakan variasi emot, keponakannya yang berumur 2 tahun memanggil-manggil namanya. Dia masih cadel, dan mengucapkan ‘Masova’ sebagai ‘Mampaa’.Dari kata Mampaa itulah kemudian Masova mengulik lagi menjadi Parampaa.
Quiz Parampaa merupakan salah satu game PC ringan yang menjadi favorit banyak orang. Game ini berisi sekumpulan pertanyaan yang terlihat konyol. Mengapa begitu? dikarenakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dibutuhkan kecerdasan yang lebih. Cukup teliti dan hati-hati saja.
Misi dalam game ini adalah kita diharuskan memecahkan teka-teki berupa logika visual dan logika kata-kata untuk dapat melanjutkan ke level berikutnya. Game ini bagus bagi yang suka pertanyaan-pertanyaan menantang atau yang sedang dalam masa upaya peningkatan IQ.
Game ini terinspirasi dari game serupa berjudul The Impossible Quiz bikinan Glenn Rhodes. Kemudian dikembangkan soal-soalnya dari buku-buku dan Google.
Awalnya Quiz Parampaa publish di blog pribadi milik Masova (silahkan berkunjung ke www.mustova.com ) kemudian tanpa terduga, pengunjung membludak dan blog tersebut tidak bisa diakses. Kemudian dia membeli hostingan sendiri untuk game itu. Jadilah Parampaa.net
Tentang Pencipta Game
Game ini diciptakan oleh Bisri Mustova kelahiran Rembang, 27 Agustus 1984 yang memiliki nama populer Masova,awalnya menciptakan emoticons / smiley karena Masova bosan dengan emot-emot kuning yang beredar di ranah maya. Karena sepertinya jarang desainer emot yang memakai warna hijau, maka ia pun menciptakan emot Parampaa.
Karena begitu banyaknya yang tertarik dengan karakter hijau yang ia buat, akhirnya ia mencoba menciptakan game dengan karakter yang ia buat.
Kelebihan Game
1. User Interface
2. Dapat dimainkan untuk semua kalangan
3. Menggunakan pertanyaan logika
Kekurangan Game
1. Beberapa pertanyaan yang sulit dijawab
Contact Author:
FB : Afifah Nur Saffa
Twitter : @Afiefach4
Email : afief.saffa@gmail.com
Artikel ini membahas tugas saya tentang Review Game Edukatif. Awalnya saya bingung mau bahas game yang mana. Tapi akhirnya saya teringat dengan salah satu game yakni Quiz Parampaa yang pernah saya mainkan saat di SMK dulu. Langsung aja ya...
Nama Game : Quiz Parampaa
Nama Pencipta Game: Bisri Mustova
Genre : Puzzle Quiz
Tahun terbit : 2008
Terbitan : Pertama
Tentang Parampaa
Inspirasi nama Parampaa tercipta ketika sedang mengerjakan variasi emot, keponakannya yang berumur 2 tahun memanggil-manggil namanya. Dia masih cadel, dan mengucapkan ‘Masova’ sebagai ‘Mampaa’.Dari kata Mampaa itulah kemudian Masova mengulik lagi menjadi Parampaa.
Quiz Parampaa merupakan salah satu game PC ringan yang menjadi favorit banyak orang. Game ini berisi sekumpulan pertanyaan yang terlihat konyol. Mengapa begitu? dikarenakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dibutuhkan kecerdasan yang lebih. Cukup teliti dan hati-hati saja.
Misi dalam game ini adalah kita diharuskan memecahkan teka-teki berupa logika visual dan logika kata-kata untuk dapat melanjutkan ke level berikutnya. Game ini bagus bagi yang suka pertanyaan-pertanyaan menantang atau yang sedang dalam masa upaya peningkatan IQ.
Game ini terinspirasi dari game serupa berjudul The Impossible Quiz bikinan Glenn Rhodes. Kemudian dikembangkan soal-soalnya dari buku-buku dan Google.
Awalnya Quiz Parampaa publish di blog pribadi milik Masova (silahkan berkunjung ke www.mustova.com ) kemudian tanpa terduga, pengunjung membludak dan blog tersebut tidak bisa diakses. Kemudian dia membeli hostingan sendiri untuk game itu. Jadilah Parampaa.net
Tentang Pencipta Game
Game ini diciptakan oleh Bisri Mustova kelahiran Rembang, 27 Agustus 1984 yang memiliki nama populer Masova,awalnya menciptakan emoticons / smiley karena Masova bosan dengan emot-emot kuning yang beredar di ranah maya. Karena sepertinya jarang desainer emot yang memakai warna hijau, maka ia pun menciptakan emot Parampaa.
Karena begitu banyaknya yang tertarik dengan karakter hijau yang ia buat, akhirnya ia mencoba menciptakan game dengan karakter yang ia buat.
Kelebihan Game
1. User Interface
2. Dapat dimainkan untuk semua kalangan
3. Menggunakan pertanyaan logika
Kekurangan Game
1. Beberapa pertanyaan yang sulit dijawab
Contact Author:
FB : Afifah Nur Saffa
Twitter : @Afiefach4
Email : afief.saffa@gmail.com
No comments:
Post a Comment